Jumat, 11 November 2016

Lingkungan Yang Ideal Bagi Manusia







L
Lingkungan Hidup yang Ideal
 
Manusia modern dalam kehidupan sehari-hari tidak dapat melepaskan diridari penerapan teknologi, karena manusia modern tidak sekedar menjalanihidup akan tetapi telah menempatkan kenikmatan hidup sebgai salah satusikap dan perilakunya dalam mencapai kbahagiaan. Sebgai konsekuensi dariperilaku manusia modern ini, maka kebutuhan untuk kehidupan yang diambildari lingkungannya tidak lagi sebatas subsistensi (jumlah yang diperlukanuntuk mempertahankan fungsi-fungsi hidup) akan tetapi telah meningkat pada jumlah kebutuhan yang berlebih.
 
Jumlah sumber daya alam yang dibutuhkan semakin diperbesar lagi olehpertumbuhan populasi manusia dan penemuan-penemuan baru berkatperkembangan sains dan teknologi. Akibatnya, sumberdaya alam dikurasserta kegiatan produksi dan konsumsi benda-benda keperluan sehari-hariakan dihasilakan tetapi ada juga produk sampingannya berupa limbah yangdapat mencemari lingkungan. Sebagai akibat lebih lanjut dari pencemaran,terjadi kerusakan dan mungkin kepunahan komponen biotik dalamekosistem.kerusakan komponen biotik menyebabkan daur biogeokimiawi,yaitu daur-daur materi dan aliran energi dalam ekosistem terganggu.
 
Ketimpangan daur ekosistem akan mengakibatkan sumberdaya alamsemakin turun kualitasnya dan juga kuantitasnya, yang akan dipuncakidengan kepunahan sumberdaya alam tersebut. Jika hal ini terjadi maka dayadukung lingkungan untuk kehidupan manusia dan makhluk hidup lainnya akanmenjadi turun, sehingga (kelestaria) populasi manusia menjadi terancam.Dengan demikian untuk mempertahaknkan kelangsungan hidup manusia darigenerasi ke generasi sampai pada akhir zaman perlu dilakukan pengelolaanlingkungan yang bijaksana sehingga terciptalah lingkungan hidup yangideal.
 
Perencanaan dan pengelolaan lingkungan hanya kan berhasil baik jikabertumpu pada pengembangan sains dan teknologi, sehingga penerpanteknologi pada masyarakat tidak semata-mata teknologi eksploitasi,melainkan juga teknologi yang mampu mengarahkan perencanaan danpengelolaan lingkungan dan sekaligus memberikan kontribusi dalammenciptakan lingkungan hidup yang ideal.
 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar